PERTEMUAN DISEMINASI PELAKSANAAN IPTEKDA LIPI DENGAN BAPPENAS – LIPI - KIAT CANTIK UNAND - PS BIOTEKNOLOGI UNAND TANGGAL 29 SEPTEMBER 2017

Acara diseminasi program pelaksanaan IPTEKDA (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk Daerah) LIPI yang dilaksanakan KIAT CANTIK (Kelompok Intermediasi Alih Teknologi Cabang Agribisnis Naungan Tingkat Instansi Kampus) Universitas Andalas bertempat di ruang sidang pimpinan direktur pascasarjana universitas andalas, yang langsung dibuka oleh direktur pascasarjana Prof. Rudi Febriamansyah, M.Sc. Tamu dari BAPPENAS yakni bapak Rudi Arifiyanti, S.Sos, MA, MSE, sebagai Kepala Subdirektorat Difusi dan Inovasi Teknologi; dari LIPI dihadiri oleh bapak Prakoso Bhairawa Putera, MA dan ibu siti Andalusia, SE serta dari KIAT CANTIK oleh ketua Prof. drh. Hj. Endang Purwati, MS., Ph.D yang merangkap sebagai Ketua Program Studi Bioteknologi Unand. 

Acara tersebut dihadiri oleh anggota KIAT CANTIK UNAND dari berbagai Fakultas di Unand serta mahasiswa program studi pascasarjana bioteknologi unand. Pertemuan ini membahas bagaimana keberlanjutan program IPTEKDA LIPI oleh BAPPENAS dan LIPI untuk kerjasama dengan pihak universitas terutama untuk program pascasarjana unand. Menanggapi hal tersebut pihak dari BAPPENAS menyatakan kegiatan IPTEKDA LIPI yang dilakukan KIAT CANTIK UNAND yang bekerjasama dengan LIPI sangat membantu terutama alih teknologi dari universitas untuk UMKM dan juga membantu mahasiswa pascasarjana Bioteknologi dalam penelitian alih teknologi. Kegiatan yang telah dilakukan oleh KIAT CANTIK UNAND dalam menunjang kemajuan UMKM dan penyelesaian penelitian pascasarjana seperti yang telah dilakukan di Kabupaten Solok Selatan yakni :
1) Pengembangan Teknologi Digester Biogas ; 2) Teknologi Pengolahan Kopi Lokal; 3) Teknologi MOL untuk Pupuk Organik dengan Bakteri Asam Laktat; 4) Teknologi Pengolahan Pakan Ternak dari Limbah Kulit Kopi dan Limbah Kulit Kakao dengan Fermentasi dengan Probiotik Bakteri Asam Laktat. Kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar yakni : 1) Pengembangan Teknologi Bakteri Asam Laktat untuk Pakan Ternak Sapi Potong dan Pengembangan Teknologi Pengolahan Pupuk Organik; 
2) Pengembangan Teknologi Probiotik Halal untuk Ternak Kerbau penghasil susu untuk produksi dadih Sumatera Barat. Kegiatan yang dilaksanakan di Kotamadya Payakumbuh yakni 1) Pengembangan Probiotik Halal Asal Dadih untuk penurunan kadar kolesterol ayam pedaging; 2) Pengembangan Teknologi Probiotik Halal untuk Penurunan Kadar Kolesterol pada ayam petelur; 3)  Pengembangan Teknologi Pengolahan Rendang Telur dengan antioksidan tinggi dan rendah kolesterol. 




Selain kegiatan untuk daerah KIAT CANTIK UNAND juga melaksanakan kegiatan pengabdian dilingkungan sekitar kampus dengan kerjasama LPPM UNAND yakni : Teknologi Biogas dan pengembangan pupuk organik serta teknologi pengolahan yoghurt di kecamatan Limau Manis Padang. Selama kegiatan tersebut KIAT CANTIK UNAND telah mendapatkan berbagai paten yakni : 
1) BIOFUSS (Bahan Inovasi Organik Feses Urine Solok Selatan dengan nomor D002016062184; 

2) SELASSE (Supplement Limbah Agroindustri Solok Selatan dengan nomor D002016062181;

3) YOLIP (Yoghurt Limau Manis Padang) dengan nomor D002016062186. 



Kesimpulan dari BAPPENAS bahwa untuk kegiatan IPTEKDA LIPI bisa dilanjutkan dengan program kegiatan Inovasi dan Inkubasi dengan Koperasi, untuk pengembangan produk hasil UMKM bisa bekerjasama dengan dirjen Inovasi, kemudian untuk UNAND bisa membuka outlate untuk produk yang dihasilkan oleh KIAT. Dari LIPI bahwa untuk pengembangan program IPTEKDA LIPI untuk tahun 2018 akan ada program yang terbaru dari LIPI yang lebih besar sehingga kerjasama Universitas dengan LIPI akan lebih meningkat dengan pengembangan ISO dari produk nasional serta membantu dalam izin BPOM.

Komentar